Jika COVID-19 telah mengajari kita tentang menghasilkan uang, kita membutuhkan lebih dari satu cara untuk memasukkan uang ke dalam kantong kita.

Orang Malaysia telah melihat pekerjaan mereka menjadi mubazir, dan penjualan mengering dalam bisnis mereka karena pandemi.

Bagi sebagian besar, ini adalah sinyal yang jelas bahwa memiliki satu sumber pendapatan, atau bisnis yang mengandalkan lalu lintas pejalan kaki bisa berisiko.

Untungnya, saat ini Anda dapat menambah atau bahkan mengganti penghasilan dari pekerjaan harian Anda dengan menghasilkan uang secara online.

Dalam posting ini, kita akan membahas beberapa cara orang Malaysia dapat menghasilkan uang secara online. Mudah-mudahan, Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan keterampilan dan tujuan pendapatan Anda.

Jual di Facebook / Shopee / Lazada Live

Salah satu tren terbesar di Malaysia saat ini adalah menjual melalui streaming langsung. Baik itu ikan, jam tangan, barang impor, pakaian bayi, linen, dim sum - kemungkinan besar Anda bisa membelinya di siaran langsung di Malaysia.

Jika Anda ingin mengikuti tren ini juga, Anda dapat melakukannya dengan menjual langsung di Facebook, Shopee atau Lazada. Selama Anda memiliki ponsel, produk, dan kepribadian yang menarik, Anda siap melakukannya!

Lihat halaman Facebook ini untuk beberapa inspirasi streaming langsung:

Toko online Mega Point (fashion / gaya hidup)

GSK Times Collection (lelang langsung jam tangan G-shock)

Untuk pemula di Facebook, saya sarankan mengadakan kontes dan hadiah reguler untuk memberi insentif kepada pengikut Anda yang ada untuk membagikan streaming langsung Anda di halaman Facebook mereka sendiri, atau dalam grup tempat mereka menjadi bagiannya.

Selain itu, jika waktu memungkinkan, Anda bahkan dapat melakukan live streaming beberapa kali sehari untuk menjaring penonton yang tersedia pada waktu yang berbeda.

Jika Anda memiliki akun penjual di Shopee atau Lazada, Anda juga dapat menjadwalkannya ke dalam live streaming Anda.

Menjadi terkenal dan bekerja dengan merek

Di era internet, hampir rasanya setiap orang menjadi atau ingin menjadi terkenal secara insta. Namun tidak mengherankan - dengan konsumen beralih ke influencer yang mereka percayai untuk rekomendasi daripada merek itu sendiri, industri pemasaran influencer meledak.

Menjadi terkenal secara insta tidak berarti Anda harus menjadi model bikini. Anda bisa menjadi terkenal dengan topik yang Anda minati. Dividend Magic, seorang blogger yang berbicara tentang bagaimana mereka meningkatkan pendapatan dividen mereka, memiliki lebih dari 10k pengikut di IG:

Setelah Anda membangun pengikut, Anda dapat mulai menjangkau merek untuk kolaborasi berbayar. Atau merek bahkan mungkin mulai menjangkau Anda!

Untuk influencer yang baru memulai, Anda mungkin ingin mendaftarkan diri Anda di platform seperti SushiVid dan Rockstars.media untuk eksposur yang lebih baik.

Seperti aset digital lainnya, menjadi terkenal membutuhkan banyak kerja keras.

Jual layanan yang diproduksi

Jika Anda seorang freelancer dengan keterampilan yang dibutuhkan secara online (misalnya desain grafis, penulisan konten, pengeditan video), Anda dapat mempertimbangkan untuk menyiapkan layanan yang diproduksi. Layanan yang diproduksi adalah tempat Anda memberikan satu set penawaran tetap dengan harga tetap.

Meskipun Anda belum menawarkan layanan freelance, ini masih merupakan sesuatu yang dapat Anda pertimbangkan untuk disiapkan jika Anda memiliki keterampilan yang menurut Anda mungkin cocok dengan model pendapatan ini.

Manfaat memiliki layanan yang diproduksi adalah bahwa kirimannya tetap dan Anda akan dapat meningkatkan skala bisnis Anda jauh lebih cepat. Jadi, alih-alih harus membuat penawaran khusus untuk setiap klien yang mendatangi Anda, Anda dapat menawarkan mereka paket tetap.

Jika Anda belum memiliki gambaran tentang cara menyiapkan layanan produk Anda sendiri, lihat diskusi di dalam Productize Community di Facebook. Ada diskusi hebat di dalamnya.

Untuk mendapatkan gambaran tentang cara kerja layanan produk, kunjungi situs WPRunner dan Designjoy dan lihat penawaran mereka. Ini adalah layanan produksi yang ada yang menghasilkan pendapatan bulanan 5-6 angka.

Kirim produk fisik populer di Shopee / Lazada

Pengiriman barang fisik secara online tidak diragukan lagi merupakan salah satu cara tercepat untuk menghasilkan uang secara online.

Yang harus Anda lakukan adalah meneliti produk populer di platform seperti Shopee atau Lazada, mencari produk yang sama atau serupa dari pemasok dropship dan mencantumkannya di toko Shopee atau Lazada Anda sendiri dengan markup.

Sisi negatifnya adalah margin keuntungan Anda mungkin rendah, sekitar 5 - 15%. Jadi, Anda harus membuat daftar banyak produk (saya sarankan setidaknya 1.000 - 2.000).

Sebagai permulaan, mendapatkan obral pertama Anda bisa menjadi salah satu hal paling menantang untuk dilakukan. Untuk mendapatkan lebih banyak eksposur ke toko Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan alat promosi pasar, atau bahkan menggunakan Iklan Facebook.

Jika Anda tertarik untuk menjelajahi menggunakan Iklan Facebook untuk mengembangkan toko Shopee Anda, ada pelatihan ahli oleh Jason Gan dari Tribeup yang dapat Anda pertimbangkan untuk dilihat:

Jason telah membantu banyak pemilik toko Shopee mendapatkan lebih banyak penjualan ke toko mereka dengan menggunakan strategi Iklan Facebook yang telah terbukti ini.

Jual pengalaman virtual di Airbnb

Dengan penutupan perbatasan negara di seluruh dunia, para penggemar perjalanan di seluruh dunia tidak dapat memesan tiket dan meninggalkan negara mereka untuk petualangan baru. Sebagian besar bisa bepergian secara domestik, tetapi itu bukan pengganti untuk menjelajahi tempat baru yang segar.

Anda dapat membantu mereka memuaskan dahaga mereka akan perjalanan dengan menawarkan pengalaman lokal di pengalaman online Airbnb.

Baik itu mengunjungi objek wisata lokal, atau mengadakan pertunjukan memasak hidangan lokal, Anda dapat melakukan semuanya di Airbnb.

Sumber : https://entrepreneurcampfire.com/make-money-online-malaysia/#